Jumat, 19 Februari 2010

Museum Subak Sunggulan, Tabanan, Rancang Atraksi 'Metekap'


Museum Subak Sanggulan, Tabanan yang merupakan satu-satunya di Bali saat ini tengah merancang adanya atraksi 'metekap' (membajak sawah) dengan memanfaatkan tenaga sapi. Atraksi ini dimaksudkan untuk lebih memperkaya aneka suguhan tradisional kepada para pengunjung.

"Ya, atraksi metekap itu adalah salah satu bagian dari sekian usulan yang diajukan untuk tahun anggaran 2010," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Subak Sanggulan Tabanan, Ni Luh Putu Sri Ratnawati, SST, Jumat (15/5).

Menurut Ratnawati, sejumlah usulan yang diajukan ke Pemkab Tabanan antara lain pembangunan sasana budaya, kios penjual berbagai cinderamata, jalan setapak tracking, perpustakaan, portal pemungutan karcis masuk, termasuk juga promosinya.

"Sasana budaya dimaksudkan sebagai tempat menggelar pertunjukan seni bagi pengunjung yang jumlahnya mencapai ribuan setiap tahunnya," ujar ibu dua anak ini.

Dari ribuan pengunjung itu, sebagian adalah wisatawan mancanegaram dan sebagiannya lagi wisatawan domestik.

Kata ratnawati yang alumnus STSI Denpasar ini, total anggaran yang diajukan untuk keperluan berbagai program tersebut mencapai Rp 2 miliar, termasuk di dalamnya anggaran untuk promosinya.

Ratnawati berharap usulan yang diajukan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata itu bisa disetujui, sehingga Museum Subak sebagai objek wisata nantinya makin diminati kalangan pengunjung. (sss)


Sumber :
http://www.beritabali.com/index.php?reg=&kat=&s=news&id=200905150005
15 Mei 2009

Sumber Gambar:
http://www.balitourguide.net/metekap.jpg

1 komentar: