Jumat, 19 Februari 2010

Nusa Penida, Kab Klungkung



Nusa Penida, yang terletak di kabupaten Klungkung, adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya yaitu Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Nusa Lembongan. Perairan pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan selamnya diantaranya terdapat di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point.

Pulau Nusa Penida dapat dijangkau dari Sanur, Kusamba dan Padang Bay

Nusa Penida merupakan daerah kering dengan tekstur tanah berkapur. Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani rumput laut, nelayan dan buruh, dan lainnya sebagai pedagang.

Perkembangan sektor pariwisata masih didominasi di Nusa Lembongan, sedang di Pulau Nusa Penida masih belum berkembang sama sekali, hanya terlihat aktivitas snorkeling dan diving.

Daya tarik utama kawasan Nusa Penida dan Nusa Lembongan adalah terumbu karang yang masih alami dan juga ikan yang beraneka ragam.

Untuk mencapai dan menikmati kawasan Nusa Penida, dapat juga ditempuh dengan QUicksilver Cruise dengan harga yang terjangkau.


Catatan :

TNC Imbau Pemkab Klungkung Lakukan Moratorium Pariwisata Pulau Nusa Penida

Organisasi The Nature of Conservation (TNC) merekomendasikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung Bali untuk melakukan moratorium sementara pembangunan fasilitas pariwisata di kawasan Pulau Nusa penida.

Rekomendasi ini disampaikan menyusul berkembangnya fasilitas pariwisata berupa villa yang belum memiliki ijin di kawasan pulau seluas sekitar 20.000 hektar tersebut.

Saat ditemui Selebzone.com, Manager Program TNC Wilayah Nusa Penida, Marthen Willy mengatakan bahwa moratorium bertujuan bukan untuk melarang pembangunan fasilitas pariwisata tetapi menunda pembangunan sementara sambil menunggu penyusunan rencana detail tata ruang di pulau berpenduduk 50.000 orang tersebut. Dimana pembangunan fasilitas pariwisata kedepan sesuai dengan konsep daya dukung dan daya tampung sebuah pulau kecil.

“Resort yang besar akan membutuhkan air serta listrik yang banyak dan ini akan menyerap listrik dan air yang diperuntukkan bagi masyarakat, begitu juga perlu lahan yang luas sehingga cenderung akan menimbulkan konflik” papar Marthen Willy.

Selanjutnya Marthen Willy juga berharap Pemkab Klungkung Bali juga melakukan pengkajian terhadap investasi yang masuk agar sesuai dengan daya dukung dan daya tampung wilayah.

Untuk diketahui, berdasarkan catatan Kantor Kecamatan Nusa penida hingga saat ini di kawasan Pulau Nusa Penida terdapat 5 Villa yang telah beroperasi, 4 diantaranya belum memiliki ijin.(Mul)



Sumber :
http://www.e-kuta.com/wisata-bali/nusalembongan-nusapenida.htm
http://selebzone.com/2009/10/04/tnc-imbau-pemkab-klungkung-lakukan-moratorium-pariwisata-pulau-nusa-penida.html

Sumber Gambar:
http://kemoning.info/blogs/wp-content/uploads/2009/04/nusa_penida800.gif
http://www.tropicalisland.de/DPS%20Bali%20Sanur%20beach%20people%20boarding%20the%20boat%20to%20Nusa%20Lembongan%20and%20Nusa%20Penida%20island%20b.jpg

1 komentar:

  1. salah satu pulau wisata yang memiliki bukit terjal dan pemandangan lautan luas di atas ketinggan membuat nusa penisa primadona pariwisata serta keahlian bahasa asing masyarakat dengan bahasa asing dari Tempat Kursus Bahasa Inggris yang sediakan pemerintah membuat pulau tsb ramah bahasa inggris.

    BalasHapus