Sabtu, 20 Februari 2010

Profil Kabupaten Jembrana



Kabupaten Jembrana berbatasan dengan Kabupaten Buleleng disebelah utara, Samudra Hindia disebelah selatan, Selat Bali disebelah barat, dan Kabupaten Tambana disebelah timur.Secara administratif Kabupaten Jambrana terbagi atas 4 kecamatan dengan luas wilayah 841,80 km2.

Perekonomian Kabupaten Jembrana banyak didukung oleh pertanian, perdagangan, hotel dan restoran. Kabupaten yang berbatasan dengan Samudra Hindia dan didukung oleh luas pantai 999 mil dan panjang pantai 76 kilometer ini membentang dari Gilimanuk sampai Desa Pengargogan. Produksi perikanan di kabupaten ini adalah yang terbesar di Pulau Bali. Komoditas perikanan laut mengandalkan pada produksi ikan lemuru. Produksi perikanan laut Jembrana tentunya tidak hanya lemuru saja tetapi masih banyak lagi seperti tongkol, layang, kuwe, kerapu, kakap, dan ikan laut lainnya. Potensi perikanan laut memicu munculnya industri pengolahan ikan dan industri pendukung seperti pabrik es.

Sebagai pendukung kegiatan perekonomian, Kabupaten Jembrana memiliki beberapa sarana dan prasarana penunjang diantaranya pelabuhan Gilimanuk.

Pemasaran komoditas hasil industri pengolahan ikan tidak hanya untuk dalam negeri saja, tetapi juga luar negeri. dengan negara tujuan Srilangka, Amerika, Eropa, Hongkong dan Malaysia. Pada sektor lainnya pertanian merupakan andalan Jembrana dengan pertanian tanaman pangan sebagai yang utama. Diluar dari sektor diatas Jembrana juga tidak meninggalkan perannya sebagai daerah wisata di Pulau Bali. Meskipun belum bisa mengandalkan pariwisata sebagai denyut perekonomian, industri kerajinan rakyat sebagai pendukung pariwisata telah cukup berkembang.

Letaknya yang ada diujung barat Pulau Bali, menjadikan kabupaten ini sebagai pintu gerbang Bali bahagian barat. Pelabuhan Gilimanuk sebagai pelabuhan penyeberangan dari Pulau Jawa ada diwilayah ini. Fasilitas-fasilitas pendukung pariwisata disekitar Pelabuhan Gilimanuk seperti toko-toko souvenir khas Bali sudah dibangun. Diharapkan fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan oleh wisatawan yang belum sempat membeli souvenir di wilayah Bali lainnya.


Sumber Data:
Bali Dalam Angka 2006
(01-10-2006)
BPS Propinsi Bali
Jl. Raya Puputan No.1 Renon, Denpasar
Telp (0361) 238159
Fax (0361) 238162


Sumber :
http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=5101


Sumber Gambar:
Profil Kabupaten Jembrana
http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=5101

Tidak ada komentar:

Posting Komentar