Jumat, 19 Februari 2010

Profil Kabupaten Karangasem


Kabupaten Karangasem sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Bali, Indonesia. Ibu kotanya berada di Amlapura. Kabupaten ini secara geografis terletak antara 800'00" - 841'37,8" Lintang Selatan dan 11535'9,8" - 11554'8,9" Bujur Timur. Wilayah Kabupaten Karangasem di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah timur berbatasan dengan Selat Lombok, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Klungkung, Bangli dan Buleleng sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia. Luas wilayah Kabupaten Karangasem 839,54 Km2 yang terbagi menjadi delapan kecamatan.

Keberadaan Industri kecil yang ada di Kabupaten Karangasem beraneka ragam dengan berbagai produk barang/ jasa yang dihasilkan seperti halnya industri yang bergerak bidang makanan, minuman, keperluan rumah tangga dan perkantoran, jasa service maupun kerajinan. Diantara industri kecil yang ada, industri kecil bidang kerajinan merupakan jumlah yang paling banyak.

Ada sekitar 14 Obyek Wisata yang tersebar di wilayah Kabupaten Karangasem sebagai pendukung investasi. Diantara Obyek wisata tersebut adalah Bukit Jambul, Besakih dan Telaga Waja (Kecamatan Rendang)Putung (KecamatanSelat) Iseh(Kecamatan Sidemen) Agrowisata Salak Sibetan (Kecamatan Bebandem) Puri Agung Karangasem, Taman Sukasada Ujung dan Candidasa (Kecamatan Karangasem) Taman Tirtagangga serta Jemeluk (Kecamatan Abang) Tenganan serta Padang Bai (KecamatanManggis) Tulamben ( Kecamatan Kubu).

Musibah gunung meletus yang pernah terjadi di kabupaten ini ternyata tidak hanya menimbulkan kerusakan wilayah tapi cukup memberikan keuntungan bagi wilayah ini. Letusan yang terjadi ternyata memuntahkan jutaan kubik pasir yang menutupi tanah di lima kecamatan. Masyarakat Kecamatan Kubu dan empat kecamatan lainnya sangat tertolong kehidupannya. Pasir itu bagaikan tambang emas hitam. Ketebalannya mencapai dua meter, untuk di tepi sungai bahkan mencapai lima meter.

Sektor peternakan pun menjadi potensi untuk peningkatan pendapatan masyarakatnya, terutama melalui pengembangan populasi ternak sapi dan domba, yang disertai pengembangan industri pengolahan produksi ternak.

Kabupaten ini mempunyai kain tenun yang cukup khas yaitu kain gringsing. Kain tenun ini terkenal di kalangan peneliti budaya dunia tidak saja dari segi mitosnya, tetapi juga dari segi teknik penenunannya. Pakar tekstil menyebutkan teknik penenunan kain gringsing yang rumit dan memakan waktu yang lama ini hanya dijumpai di tiga lokasi di dunia. Selain di Tenganan, Kabupaten Karangasem, Bali, teknik ini hanya terdapat di Jepang dan India.


Sumber Data:
Bali Dalam Angka 2006
(01-10-2006)
BPS Propinsi Bali
Jl. Raya Puputan No.1 Renon, Denpasar
Telp (0361) 238159
Fax (0361) 238162


Sumber :
http://regionalinvestment.com/newsipid/id/displayprofil.php?ia=5107


Sumber Gambar:
http://balilovely.com/wp-content/uploads/2009/07/karangasem-map.jpg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar