Sabtu, 20 Februari 2010

Profil Kota Denpasar



Kota Denpasar terletak di tengah-tengah dari Pulau Bali, selain merupakan Ibukota Daerah Tingkat II, juga merupakan Ibukota Propinsi Bali sekaligus sebagai pusat pemerintahan, pendidikan, perekonomian.Letak yang sangat strategis ini sangatlah menguntungkan, baik dari segi ekonomis maupun dari kepariwisataan karena merupakan titik sentral berbagai kegiatan sekaligus sebagai penghubung dengan kabupaten lainnya.

Wilayahnya sendiri berbatasan dengan Kabupaten Badung di sebelah utara, Selat Badung atau Samudera HIndia di sebelah Selatan, Kabupaten Badung di sebelah barat dan Kabupaten Gianyar di sebelah timur. Terletak diantara 08 35" 31'-08 44" 49' lintang selatan dan 115 10" 23'-115 16" 27' Bujur timur.Luas seluruh Kota Denpasar 127,78 km2 atau 12.778 Ha , yang merupakan tambahan dari reklamasi pantai serangan seluas 380 Ha.

Kota Denpasar termasuk daerah beriklim tropis yang dipengaruhi angin musim sehingga memiliki musim kemarau dengan angin timur (Juni-Desember) dan musim Hujan dengan angin barat (September-Maret) dan diselingi oleh musim Pancaroba.Suhu rata-rata berkisar antara 25,1 C-29,0 C dengan suhu maksimum jatuh pada bulan Nopember, sedangkan suhu minimum pada bulan Juli.Jumlah Curah Hujan tahun 2006 di Kota Denpasar berkisar 1.0-466.0 mm dan rata-rata 119,4 mm. Bulan basah (Curah Hujan >100 mm/bl) selama 4 bulan dari bulan Januari s/d April. Sedangkan bulan kering (Curah Hujan <100 mm/bl selama 8 bulan jatuh pada bulan Mei sampai Desember. Curah Hujan tertinggi terjadi pada pada bulan Januari (466.0 mm) dan terendah terjadi pada bulan September (1.0 mm).

Kota Denpasar dengan luas lahan 12.778 Ha sampai tahun 2006, dengan luas lahan sawah 2.717 Ha masih berpeluang / potensi untuk mengembangkan pertanian pangan dan masih memadai. Selama kurang lebih lima tahun terakhir ini luas lahan sawah berkurang 2.882 Ha pada tahun 2002 menjadi 2.717 ha tahun 2006. Berarti menyusut rata-rata tiap tahun sekitar 5,72 %. Sampai tahun 2006 produksi sayuran masih berfluktuasi tinggi karena usaha ini dijalankan tidak seintensif tanaman padi dan masih dianggap sebagai kegiatan sampingan.

Karena lahan yang sangat terbatas, maka hanya sekitar 15 jenis komoditi buah-buahan diproduksi di Kota Denpasar yang cukup potensial adalah mangga, pepaya, jambu biji, sawo dan pisang.Sub Sektor perkebunan diarahkan pada program diversifikasi dan intensifikasi kebun-kebun rakyat seperti kebun kelapa rakyat dengan mengganti tanaman yang tua dan penanggulangan/pemberantasan hama kelapa dan pemanfaatan lahan-lahan yang kosong untuk ditanami kelapa unggul.

Sub sektor Peternakan sebagian masih merupakan Peternakan Rakyat yang umumnya menghasilkan ternak hanya untuk dikonsumsi. Namun belakangan ini sudah mulai berkembang ke usaha bisnis dengan memelihara ternak unggas dan ayam untuk memenuhi kebutuhan akan protein hewani, juga tidak kalah pentingnya peternak babi sadle back sebagai komoditi ekspor dan keunggulan sapi Bali terus dikembangkan dengan kawin suntik atau inseminasi buatan.

Sub sektor perikanan masih berpotensi dalam menanggulangi kekurangan protein hewani penduduk dan wisatawan, dimana perairan yang ada cukup kaya akan jenis-jenis ikan laut, ikan air tawar dan payau. Untuk meningkatkan produksi ikan diarahkan pada usaha penangkapan pada perairan berpotensial dan peningkatan prasarana perikanan serta penyuluhan oleh petugas perikanan. Untuk perikanan laut telah tersedia pelabuhan perikanan Benoa yang didukung oleh Aramada penangakapan ikan sebanyak 794 buah berupa 46 perahu tanpa motor, 188 perahu tempel dan 560 kapal motor yang kesemuanya dilengkapi alat penangkap ikan.

Pembangunan di Sektor Industri khususnya Industri Kecil juga merupakan Sektor yang diprioritaskan pengembangannya, hal ini karena didukung oleh etos kerja masyarakat Bali pada umumnya rajin, ulet, terampil dan berjiwa seni. Penyuluhan dan bimbingan telah dilaksanakan dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil-hasil industri kecil dan kerajinan rakyat yang berdaya guna di sektor Pariwisata.


Sumber Data:
Bali Dalam Angka 2006
(01-10-2006)
BPS Propinsi Bali
Jl. Raya Puputan No.1 Renon, Denpasar
Telp (0361) 238159
Fax (0361) 238162

Sumber :
http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=5171

Sumber :
http://www.baliairport.com/
http://www.balipost.co.id/balipostcetak/2007/11/11/DENPASAR.JPG

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar